SAWAHLUNTO, SUMBAR -- Pasca penetapan tatanan normal baru produktivitas dan aman Covid-19, beberapa destinasi wisata di Provinsi Sumatera Barat mulai dibuka meski masih berupa pemanasan. 

Dua setengah bulan di rumah membuat orang masih merasa risih. Belum semua berpikiran mau kemana liburan, rekreasi, bahkan  masih belum banyak yang tahu apa itu tatanan normal baru atau "New Normal". 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan hal tersebut di sela-sela kunjungan peninjauan objek wisata bebas Covid-19 di Taman Margasatwa Wisata Kandih Kota Sawahlunto, Minggu (14/6/2020) siang.

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Sawahlunto Desri Asra, Kadis Pariwisata Sumbar Novrial, SE, Akt. MA, Plt.Kabiro Humas Setdaprov, Sekdako dan Kadis Pariwisata Sawahlunto.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, khusus objek wisata air seperti kolam renang dan waterboom sebenarnya sudah bisa dibuka, namun masih menunggu Standard Operational Procedure (SOP) yang sedang digodok dan disepakati Dinas Pariwisata Sumbar bersama tim ahli dengan target minggu depan semua bisa dilaksanakan.

"Untuk objek wisata yang bersifat kolam renang, tim dan dinas pariwisata sedang membahas bagaimana berwisata di kolam renang terbebas dari wabah korona. Kita berharap masyarakat yang berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan. Insya Allah bagi masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan akan selamat dari sebaran wabah virus corona," katanya.

Irwan Prayitno juga mempersilahkan masyarakat mulai berwisata untuk relaksasi fikiran yang terkungkung selama PSBB, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Kepada pemkab/ kota dan pengelola diharapkan komitmen dan konsistensinya menerapkan SOP/ protokol sehingga penyebaran Covid-19 dapat diantisipasi," tegasnya.

Gubernur Irwan Prayitno juga mengajak para wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam, kuliner, budaya dan aneka ragam bentuk hasil kerajinan.

"Ayo datang ke Sumbar menikmati indahnya destinasi wisata bebas Covid. Para wisatawan sehat, penggelola wisata sehat, masyarakat produktif dan aman covid  disiplin protokol kesehatan kunci utama," seru pria berpostur ramping dan punya kebiasaan memasukkan tangan ke kantong celana katun tersebut. 

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial juga menyampaikan, selain ke Kota Sawahlunto, yakni ke Gudang Ransum dan Taman Wisata Kandih, gubernur menjau pembukaan kembali objek wisata masa new normal di Kabupaten Tanah Datar yakni ke Ustano Pagaruyung, Rumah Makan "Aroma" dan Hotel Emersia.

"Dari peninjauan 5 objek tersebut, protokol kesehatan sudah dijalankan sesuai SOP yang disusun Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/ Kota, yaitu, pemakaian masker pengelola dan pengunjung, tempat cuci tangan permanen, pengukuran suhu dg thermo-gun, jaga jarak, manajemen jumlah pengunjung dg luas lahan, batasan jam operasional, layanan kesehatan dan tim pengawasan terpadu," ungkapnya.

Novrial juga mengatakan, dari pengamatan langsung,  pengunjung antar kota dan kabupaten dalam provinsi sudah mulai berdatangan. Malah beberapa wisatawan dari provinsi tetangga seperti Riau dan Sumut juga sudah menikmati objek- objek, rumah makan dan menginap di hotel- hotel yang tersedia di Sumbar.

(rel/ede)
 
Top