PASAMAN, SUMBAR -- Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, disingkat "Hatinya". Empat kriteria ini masuk dalam kriteria penilaian Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), melalui program "Hatinya PKK", sebuah program terapan yang juga menjadi tolok ukur dalam penilaian TP PKK Provinsi Sumatera Barat terhadap TP PKK Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Kamis (4/4/2019).

Kegiatan penilaian dilangsungkan di kantor nagari setempat, dihadiri Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, anggota DPRD Rona Reski, sejumlah kepala OPD dan Forkopimda setempat serta seluruh anggota PKK di Kenagarian Cubadak. Sementara rombongan tim penilai dari provinsi dipimpin Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Hj. Wartawati Nasrul Abit.

Wabup Atos Pratama dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan gerakan PKK dengan 10 program PKK sudah diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"PKK telah menjadi mitra pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Upaya itu telah dilaksanakan PKK dan terus ditingkatkan dengan keuletan, kemauan dan kesungguhan kader - kader PKK," ungkap Atos.

Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Wartawati Nasrul Abit dalam sambutannya menyampaikan, gerakan itu untuk pemberdayaan masyarakat dan keberadaan PKK mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Pembinaan gotong royong, berkarakter, mengembangkan produk dan memanfaatkan pekarangan dari hatinya PKK.

"Penilaian ini berpedoman pada 5 jenis penilaian PKK tingkat nasional dan akan dipilih yang baik untuk menjadi terbaik tingkat Sumbar dan pemenangnya akan akan dibawa tingkat nasional," terang Ny. Wartawati.

Ia berharap, dengan program PKK, keluarga merasakan lingkungan yang sehat melalui tanaman sayuran dan obat - obatan. Yang utama, bagaimana keluarga sehat, sejahtera dan mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju terwujudnya tujuan gerakan PKK.

Sementara Ketua PKK Nagari Cubadak  Nelva Yuni Yelfi menyampaikan, pembinaan yang telah dilakukan kepada kader PKK setempat meliputi penyuluhan, pelatihan dan mensosialisasikan program yang ada kepada seluruh masyarakat.

"Semoga program Hatinya PKK  bisa meningkatkan ketahanan dan gizi keluarga," harap Nelva.

(mad/ede)
 
Top