JAKARTA -- Seorang siswa madrasah aliyah (MA), di Tebet, Jaksel inisial AAP (16) mengalami koma usai terlibat duel dengan kakak kelasnya. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) prihatin atas kejadian tersebut.

"Kami prihatin dengan kejadian ini dan semoga korban dapat ditangani dengan baik dan segera pulih kembali," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar kepada awak media di Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Nahar mendorong polisi mengusut tuntas kasus tersebut. Dia meyakini, kejadian ini menimbulkan penderitaan fisik bagi korban.

"Yang pasti kejadian ini telah melahirkan penderitaan fisik bagi korban dan perlu segera ditangani dengan serius," ucapnya.

Nahar juga berharap ke depannya, perkelahian antarsiswa hingga tawuran bisa dihentikan melalui fokus pembelajaran serta kegiatan positif dalam ekstrakurikuler.

"Perlu terus didorong menciptakan lingkungan sekolah yg aman dan nyaman bebas dari kekerasan," terangnya.

Nahar juga mengingatkan peran aktif wali keras beserta guru BK mendeteksi dini permasalahan siswanya. Apabila ditemukan siswa yang bermasalah dalam pengelolaan emosi maka bisa segera diberikan konseling.

"Wali kelas dan guru BK juga dapat melakukan deteksi dini berdasar pengamatan jika ada anak didik yang ditengarai memiliki masalah dalam pengelolaan emosi untuk diberikan konseling dengan melibatkan keluarga, dapat juga merujuk pada layanan pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) untuk keperluan ini," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi menyebutkan perkelahian terjadi di sebuah gang dekat sekolah. Ia menyebut perkelahian tersebut terjadi satu lawan satu atau duel antarsiswa.

"Jadi, dari keterangan yang didapat oleh penyidik, untuk yang juga itu kejadiannya memang terjadi di sebuah gang gitu," kata AKP Nurma Dewi kepada awak media di kantornya, Jumat (11/10/2024).

Duel tersebut dipicu oleh adanya kesalahpahaman kedua belah pihak yang akhirnya menyebabkan perkelahian. Saat ini korban sedang dirawat di ICU RS Budi Asih dan mengalami koma.

#dtc/bin




 
Top