MALANG, JATIM -- Indonesia diketahui berada di area "ring of fire" atau "cincin api" Pasifik. Kondisi ini berarti Indonesia memiliki potensi bencana cukup tinggi yang mana salah satunya karena terdapat banyak gunung api.
BACA JUGA: Sumut Terancam Bencana Hidrometeorologi, Masyarakat Agar Tingkatkan Kesiapsiagaan!
Pakar mitigasi bencana dan eksplorasi sumber daya alam khususnya Kegununapian dan panas bumi dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof Sukir Maryanto menyatakan, Indonesia sudah seharusnya memasukkan kurikulum kebencanaan dalam materi pendidikan dari tingkat TK hingga jenjang atas.
Bahkan, kurikulum tersebut harus berbeda menyesuaikan potensi kebencanaan di daerah masing-masing. "Jadi gini, kurikulum kebencanaan kan karakteristiknya sendiri-sendiri antara lautan, gunung dan sebagainya. Antara gunung api itu karakternya beda-beda jadi harus beda (kurikulumnya, red)," ujarnya.
Merujuk kondisi tersebut, maka kurikulum kebencanaan lebih bagus dimasukkan dalam bentuk muatan lokal (mulok). Artinya, materi yang disampaikan merujuk pada potensi bencana yang paling dominan di daerah terkait.
KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Sumatrazone? Syarat Ringan, Hubungi Kami via WA: +6283181675398! QUOTA TERBATAS!
Dengan demikian, selain materi kebencanaan secara umum yang disampaikan sekilas, juga perlu diungkapkan informasi kebencanaan di daerah lebih detail. Menurut Sukir, upaya tersebut nantinya dapat menumbuhkan kesadaran bencana dari masyarakat.
Mereka tidak hanya memahami materi kebencanaan secara responsif tetapi juga preventifnya. "Jadi ketika kitasudah diberikan pelajaran dan sebagainya, kita mestinya mempelajari kebencanaan. Kemudian respons anak-anak juga perlu diperhatikan. Katakanlah tempat titik kumpul evakuasi atau wilayah di daerah kita itu di mana saja, mengetahui daerah kota itu seperti apa," jelasnya.
BACA JUGA: Selain Takdir, Pj. Wali Kota Pekanbaru Ungkap Penyebab Utama Banjir...
Lebih rinci, upaya pembentukan kesadaran kebencanaan juga dapat dilakukan dalam bentuk school watching dan town watching. School watching berarti lingkupnya di sekolah sedangkan town watching lebih pada tingkat kota atau desa. Maksudnya adalah masyarakat yang sebenarnya mampu mengamati potensi bahaya.
"Kita misalnya yang ahli bencana pada saat terjadi bencana tidak berada di tempat tersebut. Oleh karena itu, masyarakatlah yang paham, masyarakat yang bisa, masyarakat yang tahu karakternya yang bisa mengevakuasi dirinya sendiri ketika ada bencana karena mereka yang menghadapinya sendiri," katanya.
#rep/bin