ACEHBARAT, ACEH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberangkatkan sebanyak 106 peserta yang terdiri dari penyuluh pertanian dan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menuju Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) guna mengikuti Pekan Nasional (Penas)  KTNA ke-16 yang digelar mulai tanggal 10 s/d 15 Juni 2023.

Keberangkatan kontingen  Aceh Barat ke ajang silaturahmi akbar petani dan nelayan tingkat nasional tersebut dilepas oleh Sekda  Aceh Barat, Marhaban SE mewakili Pj Bupati Barat, Kamis (8/6/2023), berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Barat.

“Para peserta yang mengikuti acara Penas Tani KTNA ke 16 di Sumatera Barat ini bisa menggali ilmu yang bermanfaat dan pengalaman baru selama kegiatan berlangsung,” harap Sekda Aceh Barat Marhaban saat melepaskan para kontingen.

Dikatakannya bahwa ilmu dan inovasi yang didapatkan di iven ini harus bisa dibawa pulang dan diimplementasikan di  Aceh Barat, sehingga nantinya bisa memberikan dampak positif bagi seluruh sektor pertanian dan nelayan di Bumi Teuku Umar.

Menurutnya, kegiatan Penas KTNA ini merupakan wadah bagi sesama peserta petani dan nelayan untuk belajar dan mengajar serta saling tukar menukar informasi.

Di ajang ini, memungkinkan pula untuk melakukan pengembangan kemitraan dan kerja sama antara petani, peneliti dan penyuluh serta dengan pihak swasta yang berskala besar.

"Manfaatkanlah ajang tersebut untuk mempromosikan Aceh Barat terutama terkait dengan potensi pertanian, tanaman pangan dan hortikultura, sekaligus menggali ilmu dan inovasi baru untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kemajuan pertanian di  Aceh Barat," harapnya.

Penas KTA ke 16 di Padang memiliki sejumlah agenda meliputi konsolidasi antar petani dan nelayan, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan dari tiap daerah se-Indonesia.

#sra/gia



 
Top